Mhd Sakti Ananda Harahap

Find Me

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pendukung Keputusan (SPK)



By  Unknown     6/24/2015 10:56:00 PM    Label: 

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pendukung Keputusan (SPK)

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) – Di bawah ini adalah Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) :
Kelebihan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) meliputi :
  1. Memperluas kemampuan pengambil keputusan dalam memproses data/informasi untuk pengambilan keputusan.
  2. Menghemat waktu yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah, terutama berbagai masalah yang sangat kompleks dan tidak terstruktur.
  3. Menghasilkan solusi dengan lebih cepat dan hasilnya dapat diandalkan.
  4. Mampu memberikan berbagai alternatif dalam pengambilan keputusan, meskipun seandainya Sistem Pendukung Keputusan (SPK) tidak mampu memecahkan masalah yang dihadapi oleh pengambil keputusan, namun dapat digunakan sebagai stimulan dalam memahami persoalan.
  5. Memperkuat keyakinan pengambil keputusan terhadap keputusan yang diambilnya.
  6. Memberikan keuntungan kompetitif bagi organisasi secara keseluruhan dengan penghematan waktu, tenaga dan biaya.

Kekurangan Sistem Pendukung Keputusan (SPK)
Walaupun dirancang dengan sangat teliti dan mempertimbangkan seluruh faktor yang ada, Sistem Pendukung Keputusan (SPK) mempunyai kelemahan atau keterbatasan diantaranya yaitu :
  1. Ada beberapa kemampuan manajemen dan bakat manusia yang tidak dapat dimodelkan, sehingga model yang ada dalam sistem tidak semuanya mencerminkan persoalan sebenarnya.
  2. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) terbatas untuk memberikan alternatif dari pengetahuan yang diberikan kepadanya (pengatahuan dasar serta model dasar) pada waktu perancangan program tersebut.
  3. Proses-proses yang dapat dilakukan oleh Sistem Pendukung Keputusan (SPK) biasanya tergantung juga pada kemampuan perangkat lunak yang digunakan.
  4. Harus selalu diadakan perubahan secara kontinyu untuk menyesuaikan dengan keadaan lingkungan yang terus berubah agar sistem tersebut selalu up to date.
  5. Bagaimanapun juga harus diingat bahwa Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dirancang untuk membantu/mendukung pengambilan keputusan dengan mengolah informasi dan data yang diperlukan dan bukan untuk mengambil alih pengambilan keputusan.
referensi : http://vebryexa.com/kelebihan-dan-kekurangan-sistem-pendukung-keputusan-spk.html

Unknown

Budayakan komentar dan menshare artikel yang anda baca dengan kata-kata yang sopan dan cantumkan sumber jika anda ingin mengCopy+Paste untuk menghargai penulis.Trimakasih

1 komentar:

  1. Man Titanium Bracelet - Titsanium Art and Design
    Man Titanium Bracelet thunder titanium lights - Titsanium Art and Design. Made by Titsanium how to get titanium white octane Art and Design. A titanium post earrings simple pattern for playing card citizen super titanium armor suits. titanium trim reviews

    BalasHapus